Senin, 15 September 2014

Peta Konsep Desentralisasi & Pemerintahan Daerah

Oleh :
 Dr. M. R. Khairul Muluk, M.Si

Pengantar Oleh :
Prof. Dr. Bhenyamin Hoessein
Guru Besar Pemerintahan Daerah FISIP UI

Sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, kebijakan desentralisasi telah mengalami beberapa kali perubahan yang ditandai dengan pasang surutnya derajat desentralisasi. Perubahan kebijakan desentralisasi ini menandai pula arah pendulum yang sering kali berubah antara structural efficiency model dan local democracy model. Era reformasi mencatat arah pendulum menuju local democracy model sesuai semangat yang dikedepankan dalam UU Nomor 22 Tahun 1999. UU tersebut telah diganti dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 yang berusaha mempertemukan semangat efisiensi dan demokrasi, namun semangat local democracy model masih tampak kuat dengan dominannya pengaturan tentang pilkada langsung.

Memang desentralisasi pada dasarnya merupakan sebuah keniscayaan bagi penyelenggaraan pemerintahan demokratis di negara sebesar Indonesia. Kebijakan desentralisasi melahirkan pemerintahan daerah yang memiliki polical variety untuk menyalurkan local voice dan local choice, Desentralisasi dimaksudkan sebagai instrumen yang mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat yang tergolong majemuk dengan kondisi dan potensi yang beragam pula. Namun demikian, perlu pula diwaspadai bersama kemungkinan dampak negatif desentralisasi yang tak terkendali seperti munculnya republik kecil, raja kecil, dan KKN sebagai akibat lemahnya kontrol pusat terhadap daerah. Jika dampak negatif terjadi maka bukannya kemaslahatan yang diperoleh namun kemudharatan kolektif yang dinikmati. Tentu hal ini tidak dilehendaki oleh kita semua.


Diterbitkan oleh :
ITSPress bekerja sama dengan Lembaga Penerbitan & Dokumentasi FIA UNIBRAW
ISBN 978-979-8897-44-3

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Askum Bapak Dr.M.R. Khairul Muluk
Mohon Ijin ikut mengambil Manfaat Karya-Karya Bapak
Semoga ilmu bapak bertambah berkah dan Allah SWT selalu memberikan Hidayah, Taupik, Berkah di KEHIDUPAN BAPAK SEKELUARGA

Saya Ruslan.K Sisawa Bapak UT.UPBJ.Samarinda Kelas Tanjung Selor

Sumpena mengatakan...

Bismillah. Aswrwb. Mohon Ijin bisa ikut mempelajari & berkah karya bapak. Ini sangat membantu saya dalam menambah wawasan tentang pemerintahan. Semoga jadi amal jariah yang mengalir tiada henti sampai akhirat. Jazakalloh khoiron kastiiroo.

Anonim mengatakan...

Mohon ijin download Pak. Terimakasih.

MR KHAIRUL MULUK mengatakan...

Silahkan dimanfaatkan dg baik. Semoga bermanfaat.

Nobody mengatakan...

Assalamualaikum Bapak Dr. M.R Khairul Muluk saya salah satu mahasiswa yang sedang menempuh Mata Kualiah Administrasi Pemerintahan Daerah dan saya mohon ijin untuk mendownload buku bapak yang sangat saya butuhkan untuk menuntaskan mata kuliah saya pak. Dan saya berdoa semoga buku yang bapak tulis dapat menjadi amal baik dan dapat membantu teman-teman lain
Terima Kasih Banyak, Wassalamualaikum

Unknown mengatakan...

Terimakasih bapak sudah menyediakan referensi buku di web bapak. Mohon ijin saya download pak, karena saya membutuhkan sebagai referensi untuk matakuliah sistem pemerintahan daerah yang sedang saya tempuh

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, bapak Dr. M. R. Khoirul Muluk, M. Si saya meminta izin untuk me download buku bapak untuk menambah pengetahuan saya dan sebagai referensi matakuliah saya, terimakasih atas karya bapak yang bisa memberikan referensi buat saya dan semoga selalu bermanfaat bagi semua pembaca, Aminnnnnn