Minggu, 26 Februari 2012

Akuntabilitas Eksistensi Organisasi Non Pemerintah dalam Perspektif Governance (Studi Terhadap Yayasan Lembaga Pembinaan Masyarakat Desa Lampung)

Oleh: Dedi Hermawan, Sumartono, Susilo Zauhar dan M.R. Khairul Muluk

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami akuntabilitas keberadaan Ornop YLPMD lampung dengan paradigma governance. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded research dengan alasan untuk membangun teori, khususnya teori substantif, yang berasal dari data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa akuntabilitas eksistensi organisasi YLPMD Lampung yang diwujudkan melalui mekanisme: 1) Kejelasan guiding philosophy, visi, misi dan tujuan organisasi; 2) Kejelasan status hukum organisasi; 3) Kejelasan struktur organisasi, fungsi dan relasi antar struktur organisasi; 4) Aturan formal kepemimpinan dalam organisasi; dan 5) Aturan dan pelaksanaan mekanisme pengambilan keputusan dan pertanggungjawaban. Hasil penelitian ini juga memberikan informasi bahwa melalui pelaksanaan mekanisme-mekanisme telah mendekatkan Ornop YLPMD Lampung pada nilai-nilai seperti trust, responsiveness, iklim berorganisasi sehat, legalitas dan legitimasi publik, kejelasan arah organisasi, rule and laws, dan penerimaan stakeholders dan masyarakat.
Sebagai temuan penelitian, studi ini mengajukan suatu proposisi bahwa ketika Ornop menjalankan mekanisme akuntabilitas keorganisasian melalui kejelasan guiding philosophy, visi, misi dan tujuan dengan landasan persoalan nyata masyarakat; status hukum; struktur, fungsi, dan relasi antar struktur berbasis fokus kerja; kepemimpinan yang kuat secara ideologi civil society, jaringan, dan kebersamaan; dan mekanisme pengambilan keputusan, dan pertanggungjawaban. Ornop dapat menggunakan nilai-nilai akuntabilitas seperti trust, responsiveness, iklim berorganisasi sehat, legalitas dan legitimasi publik, kejelasan arah organisasi, rule and laws, dan penerimaan stakeholders dan masyarakat.


Kata kunci: Governance, Akuntabilitas, Ornop

Diterbitkan dalam Jurnal Borneo Administrator Akreditasi LIPI No.: 311/Akred-LIPI/P2MBI/10/2010
Edisi: Vol. 7 No. 1 Tahun 2011 ISSN: 1858-0300 Halaman: 45-69
Penerbit: PKP2A III LAN

Selengkapnya: Akuntabilitas.pdf (2.84 MB)
Download link:
http://www.ziddu.com/download/18730112/Akuntabilitas.pdf.html

Tidak ada komentar: